Monday, September 13, 2010

Good Old Times

Yak, sesuai janji di blogpost sebelomnya, gw mau cerita pengalaman liburan semester kemaren. Iye gue tau udah basi, secara sekarang udah liburan Lebaran, udah mau kelar pula. Hahaha

Jadi tepat di hari pertama liburan semester kemaren, gw ikut Live In bersama para bocah2 (mayoritas adalah anak SD kelas 5 - SMP 2) yang terkumpul dalam organisasi Putra Altar di Gereja gw. Tempatnya di Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah. Ini pengalaman Live In kedua gw, yang mana percaya ga percaya tempat Live In pertama gw juga di kota yang sama lho, cuma beda desa aja =)

Kita pergi naek bis. Jumlah pasukannya sekitar 40an orang kalo ga salah. Gw sendiri statusnya adalah Pembina, makanya sampe rela izin ga ikut briefing magang, soalnya emank kurang SDM. Ya tau sendiri bocah2, disuru Live In ke desa. Kalo ada yang minta pulang begimana coba? Nah, pas di bis, ga sengaja gw ngelamun, inget sama kejadian Live In pertama gw - *nah, cerita selanjutnya adalah kenangan Live In di tahun 2006. Ntar kapan2 baru lanjutin cerita Live In yang ini yeee ;p

Jadi waktu itu, kegiatan ini diadain sama sekolah tercinta, terkasih, dan tersayang CC (Canisius College a.k.a Kolese Kanisius) di tahun 2006. Waktu itu gw kelas 2 SMA dan ga sengaja dikasih kerjaan jadi Sekretaris II, sekaligus Ketua KorPung (Koordinator Kampung). Atas dasar jabatan itulah, gw bisa seenak udel ngatur penduduk bis serta temen2 sekampung *nyiahahahaha

So, gw atur deh di kampung gw kaga ada gurunya. Soalnya jumlah gurunya sendiri terbatas. Jadi ada kampung yang kebagian ada guru pembimbing, ada yang kaga. Tujuannya tak lain tak bukan adalah menjajah rumah yang sejatinya diperuntukkan buat guru pendamping (kalo2 ada guru di kampung gw). Nah di bis, gw duduk sendiri, karena apa? Supaya tidurnya LEGA. Nyiahahahaha. Secara kan jalannya malem, jadi tidurnya di bis. Udah bagus2 gitu ya, eh tengah malem ada seekor manusia kucrut bernama Darryl Setiawan yang tau2 pindah ke bangku sebelah gw, padahal awalnya dia duduk di kursi paling belakang sama 2 orang temennya.

INTERMEZZO
Kejadian ini terjadi pas gw kelas 3 SMA kalo ga salah. Tepatnya di ultah Ricardo yang diadakan di Yuraku Menteng. Jadi disitu, gw sama si Darryl dateng nih. Pas abis makan2 membar2 dan membabibuta, terus ngobrol2 kan. Waktu itu gw abis ngambil es (yang dicampur2 sendiri), tau2 si Darryl nyeletuk minta gw ambilin. Gw bilang 'ambil sendiri. siapa lo siapa gw'. Trus yeee tu anak malah bilang 'ih kita kan udah tidur ber2an waktu itu'. Sumpah waktu itu gw siyok dan bingung kapan gw melakukan perbuatan nista itu. Yang mana ternyata kejadian tidur-di-bangku-bis-sebelah2an-yang-dia-pindah-tengah-malem dianggep sebagai tidur ber2an. --"

Yak lanjut deh ye. Biar cepet, ceritanya langsung aja kita nyampe ke desanya, desa Gebangan namanya. Sebenernya sih kita diturunin ke Gereja setempat dulu, trus baru dijemput naek angkot yang mana modelnya mirip kaya opelet-bemo gitu (pintunya di belakang) ke desa masing2. Sesampainya di desa, kita langsung dianterin ke rumah ibu-bapak asuh masing2. Dan yak sesuai dugaan gw, RUMAH yang gw tinggalin paling bagus diantara yang laen. Bayangin aja kamar mandinya ada 2, bak mandinya gede, ada kulkas (suplai air dingin aman), tv, dllsb. Bahkan pas baru nyampe aja udah dikasih minum sirop segelas gede =D

ini foto rumahnya. karena paling bagus, jadi basecamp anak2 juga

Kita tinggal di sono sekitar 4 hari kalo ga salah. Kegiatannya sih enak2 aja. Ya secara kaga ada guru pendamping. jadi ya agak seenak udel juga mau ngapa2in. Kalo buntu ga ada ide mau ngapain, kita minta bapak/ibu di sana buat nganterin kemana gitu biar ada kegiatan. Soalnya orang2 sono pas lagi ga ada kerjaan juga. Pertama2 ke sungai yang mana jalannya naujubilabinjalik jauuuuuhnyaaaaa.

ini pas lagi jalan2 ke sungai. aernya seger banget, dingin, jernih


kiri: edwin a.k.a pice; kanan: david a.k.a sotoy *maap potonya agak blur

Terus, di hari ke2 apa ke3 gitu gw lupa, kita berencana mau liat matahari terbit. Pada sok2an gitu bangun jem 4 pagi, jalan ke bukit yang ada hutan pohon karetnya gitu deh. Subuh2 tuh kan ya jalan, mana gelap, lewatnya agak2 kaya hutan gitu, jauuuuhhhhh pula. Sampe sononya udah jem 5an kalo ga salah dan PAS BANGET mataharinya baru nongol. Dan proses ngeliat tu matahari terbit cuma berlangsung sekitar 2-3 menit aja loh.

inilah pasukan desa gw. yang tengah itu bapak yang nganterin kita (bapak rumahnya pice). kok gw ga ada? ya jelaslah gw yang moto!

Nah, abis dari sok-sokan-ngeliat-matahari-terbit, kita diajak bapaknya buat sekalian ke sekolah setempat. Saik banget tuh ya, belom mandi udah datengin sekolahan orang aja. Dan di tengah jalan, kita sempet mampir ke warung buat makan dulu, yang mana buat semuanya (sekitar 12 orang) cuma abis 50rebu doank =)

Sekolah di situ cuma ada kelas TK sama SD. TKnya sendiri ga ada kelas resminya. cuma ada 1 bangunan blom jadi gitu - yang ga bisa disebut bangunan juga sih. Muridnya sendiri mungkin sekitar 40an, dan orang tuanya juga ikut ngumpul ngedeprok disitu bareng2. Nah, disono urat malu gw dipaksa untuk diputus karena kita diminta buat 'ngajar' anak2 TK, dan gw jadi korban (sama si sotoy/pice juga kalo ga salah sih). Setelah berdiskusi panjang, kita memutuskan ngajarin mereka lagu 'Kepala-Pundak-Lutut-Kaki' - sambil pake gaya juga loh - soalnya mereka lagi belajar anggota tubuh.

video
ini video kondisi kelas TK-nya

Selain itu, kita juga ngadain jualan baju murah, yang mana lagi-lagi gw berkorban buat ngambil baju di desa satunya lagi (desanya Tridan - yang ternyata adalah desa tepat gw Live In sama anak2 Gereja gw sekarang) yang berjarak 2 jam pulang-pergi. Mana pas di jalan gw kebelet pipis pula. Mau minta berenti kan ga enak. Tu baju kita jualin Rp 1000/potong. Abis itu kita juga ngadain lomba-lombaan gitu. Buat hadiah, kita patungan buat beli snack2 gitu. Kalo ga salah duit patungannya tuh sekitar goban dan kita dapet snack sekarung, soalnya di sono murah2. Semacam chiki gitu cuma gope, mana ada hadiahnya pula duit gope di dalemnya kalo hoki.

si sotoy yang jadi MC disini

terus ini foto sama penduduk sekampung, soalnya besoknya kita udah mau balik. gw dimana? ya lagi2 gw ga ikutan, karena gw yang moto!

Pas hari terakhir, kita pamitan ke orang tua asuh masing2, kasih hadiah buat kenang2an juga. Eh, kita juga dikasih oleh2 sama ortu angkat. Ada yang dikasih beras, pete, pisang, dll. Gw sendiri dikasih mangga sekardus sama AER ES 2 botol gede. Ah ibu angkat, kau sungguh tau apa yang kumau ;p

Nah, sebelom pulang, ada cerita lagi nih. Jadi kan kita mau poto2 buat kenang2an. Kebetulan di situ ada supir yang mau nganter kita balik ke Gereja. Gw bilang donk, "pak mau minta tolong foto". Eh tu bapak ngiranya dia yang mau dipoto. Jadilah dia berpose dan gw yang motoin - ya abis kan kaga enak masa dibilang kaga jadi. Abis itu baru deh gw bilang, "gantian donk pak!". Hehehe. Ohya, pas pulangnya kita kaga naek angkot model oplet-bemo lagi, melainkan truk. Yak truk bak kebuka gitu. Jadi berasa semacam sapi yang mau diangkut buat jadi hewan kurban aja, tapi seru juga sih =D

ini adalah foto hasil jepretan pak supir-over-pede itu.
bediri: gw - suhendra(suzu) - *lupa - kosasih(koz)
tengah: yunadi, ricardo, *lupa, *lupa
bawah: *lupa, david(sotoy), edwin(pice)
-yang lupa2 itu mereka adek kelas. jadi kaga inget namanya siapa ;p-


nah ini foto di truk pas mau jalan pulang

Well, itulah sepenggal kisah gw. Sebenernya masih ada banyak hal yang bisa diceritain, kaya kondisi kamar mandi yang agak mengenaskan di rumah temen2 gw. Mulai dari yang modelnya bilik sepetak, sampe yang temboknya cuma sebates pinggang, jadi kalo mandi kaya mau perang sampe jongkong2-agak tiarap biar kaga keliatan dari luar sampe yang pada numpang boker di rumah gw, soalnya paling layak-boker. Hahahaha

Yang jelas sih, pengalamannya seru abis. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari orang2 di sana. Ada banyak hal2 seru yang ga bisa dilupain seumur hidup. Ada pelajaran persahabatan juga disana.

And That's Always Gonna Be A Good-Old-Times Story

Saturday, September 4, 2010

Welcome 7th Semester

Oke, sebelomnya gw tau ini agak aneh karena post sebelom ini adalah 6th semester. Dan ya, saya mengakui sebagai blogger tak bermoral, ditambah berbagai macam hal yang terjadi, jadilah ini blog cuma diupdate SATU SEMESTER SEKALI. Sebenernya ada banyak cerita selama perjalanan panjang semester 6 kemaren hingga sekarang. Tapi, ceritanya ntar aja deh ya soalnya banyak banget sehingga saya pun bingung dan agak lupa harus mulai dari mana (tapi janji deh ntar bakal diceritain).

Nah, buat kisah di semester 7 yang baru berjalan 2 minggu kurang sehari ini, gw ngambil 5 mata kuliah + magang. Jadi hari Senen-Rebo itu jatahnya magang di kantor tercinta Sakafarma (cerita tentang dunia per-magang-an nanti yee). Terus Kamis-Sabtu ya jatahnya nyantronin kampus tercinta UMN deh.

Kelima pelajaran yang gw ambil antara lain adalah:
1. Mobile Programming -> dari namanya juga udah ketauan kali ya kalo yg dipelajarin adalah pemrograman buat hape. Pakenya bahasa Java. yang unik di pelajaran ini adalah dosennya yang masih amat sangat muda, hingga para satpam aja ngira dia mahasiswa. Ceritanya ketika si bapak-muda-yang-kata-mba-nunik-mirip-Vidi-Aldiano ini mau parkir mobil, salah seorang satpam nyamperin dan bilang kalo itu tuh parkiran khusus buat dosen. Terus juga pas mau buka lab, satpamnya bilang 'kalo mau buka lab harus ada dosennya nih' padahal si bapak dosen-muda itu yang sedang berbicara dengan pak satpam itu. LOL abis kan tuh. gw sih cuma bisa berpesan sing sabar yo pak.

2. Oracle Development -> nah pelajaran ini adalah lanjutan dari pelajaran Oracle dasar semester lalu. Sebenernya ada 2 peminatan, Dev sama Admin. Dan gw pilih Dev. Atas dasar apa? Gw cuma mikirnya sih masuk IT, kayanya yang bener yang milihnya developer (bikin software). Lagian juga jurusan ga nentuin lu kerjanya di bagian apa 100% kan. Gw sih mikirnya mau milih apa aja, asal enjoy dan bisa do the best, ya sudahlah kalo kata Bondan Prakoso.

3. Komputer & Masyarakat -> ini pelajaran mengenai aspek hukum yang berkaitan dengan teknologi. dosennya sih sebenernya baek, niatnya disiplin, cuma menurut gw caranya agak sedikit condong ke 'militer'. Jadinya, agak ga nyamana aja awalnya. Tapi udah mendingan sih di minggu ke2. Cuma yang malesin itu tugasnya bikin paper-paperan gitu. Berasa jadi kaya anak ilkom aje jadinya.

4. Riset Teknologi Informatika -> sumpah, sampe detik ini gw nulis yang notabene udah 2x pertemuan, gw masih bingung ini mata kuliah mau ngebahas apaan. kalo kata dosennya sih mau diajarin buat nulis riset (skripsi), cuma yang dibahas di kelas tuh teori-teori yang maap2 aje ya pak bikin ngantuk polpolan. Ya semoga abis libur lebaran, pelajaran ini menemukan titik terang. Oiya ada hal unik juga disini. Jadi ada seekor anak 09 yang ikutan ngambil pelajaran ini. And you know what? Nama anak itu adalah TAMPAN. Yak bener TAMPAN. Sumpah gw ga abis pikir itu ortunya ngasih nama anaknya begitu atas dasar apa coba. Kan kasian kalo berat nama ;p (cuma pas tadi pertemuan kedua, dia menghilang. Menurut gw sih dia sadar kalo dia ga mungkin buat mulai nulis skripsi di semester 3).

5. Manajemen Proyek Piranti Lunak -> nah kalo ini lanjutan dari pelajaran Software Eng. di semester 4. Yang gw tangkep sih bakal ngebahas tentang apa yang harus kita perhatikan dan lakukan kalo mau mulai proyek. Agak ga kepake sih sebenernya, ya secara gw dan (kayanya) semua anak sekelas juga biasanya bikin langsung programnya, belakangan baru deh DFD, UML, coret2an layout, dkknya. Bahasa kerennya sih penganut prinsip Piramida Kebalik. Hahahaha. Cuma mungkin kalo nanti proyeknya udah gede, "teori" ini harus wajib kudu kita pikirin dulu.

Yak, kira-kira begitulah kegiatan di semester 7 ini. Doakan saja semoga bisa lancar dan semester depan bisa ambil SKRIPSI terus LULUS deh (padahal masih ga ada bayangan abis lulus mau ngapain). Sekian dan Terima Kasih, silahkan ditunggu kisah-kisah seru dan menarik lainnya :)