Saturday, September 4, 2010

Welcome 7th Semester

Oke, sebelomnya gw tau ini agak aneh karena post sebelom ini adalah 6th semester. Dan ya, saya mengakui sebagai blogger tak bermoral, ditambah berbagai macam hal yang terjadi, jadilah ini blog cuma diupdate SATU SEMESTER SEKALI. Sebenernya ada banyak cerita selama perjalanan panjang semester 6 kemaren hingga sekarang. Tapi, ceritanya ntar aja deh ya soalnya banyak banget sehingga saya pun bingung dan agak lupa harus mulai dari mana (tapi janji deh ntar bakal diceritain).

Nah, buat kisah di semester 7 yang baru berjalan 2 minggu kurang sehari ini, gw ngambil 5 mata kuliah + magang. Jadi hari Senen-Rebo itu jatahnya magang di kantor tercinta Sakafarma (cerita tentang dunia per-magang-an nanti yee). Terus Kamis-Sabtu ya jatahnya nyantronin kampus tercinta UMN deh.

Kelima pelajaran yang gw ambil antara lain adalah:
1. Mobile Programming -> dari namanya juga udah ketauan kali ya kalo yg dipelajarin adalah pemrograman buat hape. Pakenya bahasa Java. yang unik di pelajaran ini adalah dosennya yang masih amat sangat muda, hingga para satpam aja ngira dia mahasiswa. Ceritanya ketika si bapak-muda-yang-kata-mba-nunik-mirip-Vidi-Aldiano ini mau parkir mobil, salah seorang satpam nyamperin dan bilang kalo itu tuh parkiran khusus buat dosen. Terus juga pas mau buka lab, satpamnya bilang 'kalo mau buka lab harus ada dosennya nih' padahal si bapak dosen-muda itu yang sedang berbicara dengan pak satpam itu. LOL abis kan tuh. gw sih cuma bisa berpesan sing sabar yo pak.

2. Oracle Development -> nah pelajaran ini adalah lanjutan dari pelajaran Oracle dasar semester lalu. Sebenernya ada 2 peminatan, Dev sama Admin. Dan gw pilih Dev. Atas dasar apa? Gw cuma mikirnya sih masuk IT, kayanya yang bener yang milihnya developer (bikin software). Lagian juga jurusan ga nentuin lu kerjanya di bagian apa 100% kan. Gw sih mikirnya mau milih apa aja, asal enjoy dan bisa do the best, ya sudahlah kalo kata Bondan Prakoso.

3. Komputer & Masyarakat -> ini pelajaran mengenai aspek hukum yang berkaitan dengan teknologi. dosennya sih sebenernya baek, niatnya disiplin, cuma menurut gw caranya agak sedikit condong ke 'militer'. Jadinya, agak ga nyamana aja awalnya. Tapi udah mendingan sih di minggu ke2. Cuma yang malesin itu tugasnya bikin paper-paperan gitu. Berasa jadi kaya anak ilkom aje jadinya.

4. Riset Teknologi Informatika -> sumpah, sampe detik ini gw nulis yang notabene udah 2x pertemuan, gw masih bingung ini mata kuliah mau ngebahas apaan. kalo kata dosennya sih mau diajarin buat nulis riset (skripsi), cuma yang dibahas di kelas tuh teori-teori yang maap2 aje ya pak bikin ngantuk polpolan. Ya semoga abis libur lebaran, pelajaran ini menemukan titik terang. Oiya ada hal unik juga disini. Jadi ada seekor anak 09 yang ikutan ngambil pelajaran ini. And you know what? Nama anak itu adalah TAMPAN. Yak bener TAMPAN. Sumpah gw ga abis pikir itu ortunya ngasih nama anaknya begitu atas dasar apa coba. Kan kasian kalo berat nama ;p (cuma pas tadi pertemuan kedua, dia menghilang. Menurut gw sih dia sadar kalo dia ga mungkin buat mulai nulis skripsi di semester 3).

5. Manajemen Proyek Piranti Lunak -> nah kalo ini lanjutan dari pelajaran Software Eng. di semester 4. Yang gw tangkep sih bakal ngebahas tentang apa yang harus kita perhatikan dan lakukan kalo mau mulai proyek. Agak ga kepake sih sebenernya, ya secara gw dan (kayanya) semua anak sekelas juga biasanya bikin langsung programnya, belakangan baru deh DFD, UML, coret2an layout, dkknya. Bahasa kerennya sih penganut prinsip Piramida Kebalik. Hahahaha. Cuma mungkin kalo nanti proyeknya udah gede, "teori" ini harus wajib kudu kita pikirin dulu.

Yak, kira-kira begitulah kegiatan di semester 7 ini. Doakan saja semoga bisa lancar dan semester depan bisa ambil SKRIPSI terus LULUS deh (padahal masih ga ada bayangan abis lulus mau ngapain). Sekian dan Terima Kasih, silahkan ditunggu kisah-kisah seru dan menarik lainnya :)

0 comments:

Post a Comment