Monday, November 16, 2009

Racism Makes Me Sick

BlogPost kali ini mungkin akan terdengar cukup kasar. Cuma ini adalah pelampiasan yang muncul setelah kemaren lusa malem (Sabtu) gw mendengar cerita lewat telpon dari salah satu temen gw. Untuk menjaga keamanannya, gw samarkan namanya, jadi sebut aja namanya Anton.

Nah, si Anton ini baru cerita ke gw kalo Hp-nya itu baru ilang. Pas hapenya masih ada aja susah banget dihubungin, apalagi ilang kan tuh. Jadi pas kmrn gw dapet kabar, buru2 deh gw telpon untuk meminta klarifikasi bagimana kronologis kejadiannya. Jadi, temen gw ini adalah salah satu mahasiswa jurusan arsitek di universitas swatsa di bilangan Jakarta Barat. Rumahnya itu agak jauh, jadi dia ngekos. Cuma kalo weekend suka pulang lah. Nah minggu lalu itu, dia mau pulang, seperti biasa ngebajak angkot. Bukan, bukan ngebajak kaya bajak laut, numpang tapi bayar gitu lah maksudnya. Nah, di tengah jalan, naeklah 3 lelaki sangar berbadan besar dan (maap) Batak.

Nah, di angkot itu jadi cuma ada si temen gw ini, seekor cewe, dan 3 makhluk tadi. Abis mereka naek, mereka sok2 nanya2 gt ke temen gw, "anak mana lo?" (harusnya si dijawab anak bapak emak gw.. ada masalah apa bang?) trus dijawab lah sama temen gw "U****". Nah, udah dijawab kaya gitu yah, mereka dengan sotoynya mengarang cerita fiktif, yang kalo dijadiin sinetron, sinetronnya Manokwari aja lebih bagus deh gw rasa. Mereka bilang kalo di kampus B, yang emank deket sekitar situ (jurusan tu angkot lah) ada insiden penusukan gara2 berebutan cewe (mau mati ga lu). Trus mereka katanya berperan sebagai agen yang diutus oleh dewa kematian buat nyari siapa pelaku insiden yang tidak bertanggungjawab tersebut (yang ini gw lebay2in sendiri).

Dengan setengah (lebih deh, 99% kali) maksa, mereka minta tas temen gw buat digeledah. Nah, pas tas temen gw digeledah, sebagai makhluk normal yang masih punya otak (dan gw yakin temen gw ini otaknya lebih gede dari 3 ekor dedemit itu) ya diliatin lah proses pembongkaran tas itu. Nah itu yang geledah kan 1 ekor, 2 ekor sisanya tuh malah berkotbah ke temen gw yang isinya kira2 begini "Heh, lu jangan gitu donk ngeliatinnya. Santai aja!!" (bapak lo bau menyan mau nyantai). yang dilanjutkan dengan kalimat paling hina yaitu "Lu CINA ya? Bukan ISLAM kan? nah begini nih orang Cina kelakuannya. Ga bisa percaya orang, selalu aja nganggep rendah orang laen." (heh abang setengah siluman, temen gw ngebongkar2 tas gw aja, gw liatin, apalagi elu yang juntrungnya dari mana gw kaga tau) *kata2 yang di dalem kurung itu adalah ekpresi gw sendiri dan kayanya temen gw juga, cuma ga disuarakan...

Nah, sambil penggeledahan itu, dia ngebacot terus tentang masalah CINA dan ISLAM itu. Sampe dompet temen gw juga diminta, cuma karena welas asih dewi kwan im dan ajaran biksu tong serta kemungkin tu abang sempet konslet otaknya, jadi dibalikin lagi dompet temen gw dalam keadaan utuh. Nah, hape temen gw itu terletak di jurang paling dalam tasnya. ada di resleting paling dalem deh gt. Tu abang yang ngoprek2 kaga nemu2 sampe 3x dia ngulang. Sampe akhirnya ketemu, dan tu hape dipegang2, dielus2 kaya nemu anaknya sendiri yang hilang dibuang di panti asuhan. Pas udah ketemu tuh hengpong, 2 ekor temennya makin menggebu2 buat ngalihin perhatian temen gw ini, yang sebenernya udah yakin seyakin yakinnya tu hape bakalan raib biar gimana pun juga, soalnya tingkah laku si abang ngoprek semakin mencurigakan dengan menutupi tangan yang megang tu hape pake tas temen gw, sementara yang 2 ekor masih setia berkotbah, (yang selanjutnya tu hape dimasukin ke kantong).

Nah, abis itu dibalikin lah tas temen gw, dan tu abang2 3 ekor kaya nyikut2 temen gw pertanda ngusir buat turun, soalnya temen gw emank udah mau turun dari kapan tau, tapi ga dikasih sama 3 dedemit ntu. Jadi tu angkot udah melanglangbuana ke mana temen gw kaga tau. Dan setelah dia turun, ngecek bentar tasnya dan ternyata beneran raib tuh hape. Dan karena ketakutan (agak2 parno) dia jalan kaki loh ke rumahnya dari peradaban tak dikenal itu gara2 dia takut deket2 situ ada komplotannya lagi. Ga asik banget kan tuh abis dipaksa menyerahkan hapenya, dipaksa juga menyerahkan keperjakaannya. IH YEW!!

Dan satu hal lagi yang bikin temen gw (dan gw pastinya) kesel adalah, cewe yang di angkot itu cuma dicek doank tasnya dan kaga diapa2in gara2 dia sebangsa dan setanah air sama tu abang2 (ngerti kan maksud gw).

GILAAAAAAAAAAAAAAAAAAA
Gw bener2 ga abis pikir kenapa di Dunia yang katanya bentar lagi mau kiamat masih ada aja gitu makhluk jadi2an kaya mereka. Mending kalo cuma nyopet gt, nah ini pake bawa2 RAS sama AGAMA, yang mana dari perbuatan mereka malah mengindikasikan (kaya minum obat ya) bahwa ajaran mereka yang justru ga bener. *Sekali lagi ini ga ada unsur menyudutkan agama yah. Gw akuin ada ada teman Islam yang baik, dan ada juga teman Kristen/Katolik yang jahat. Nah, maka itu jangan pernah deh bawa2 agama dalam hal apapun.

Dan dari kejadian itu gw juga inget sama sebuah kisah dari negeri antah benrantah yang ternyata menimpa diri gw sendiri. Alkisah gw lagi jalan2 ke supermarket sama bokap nyokap. Cuma karena tu supermarket gw udah sering datengin, jadi - yang mana ketika itu kalo ga salah gw kelas 1/2 SD gt lupa - gw ngeloyor aja sendirian gt nyomot2 barang yang gw pengen beli. Nah, seinget gw pas gw lagi di rak2 makanan ringan dalam kemasan yang adalah keluarga besar chiki, cheetos, jetzet, taro, dkk ada seekor bocah di deket situ juga. Ketika gw lagi milih2, eh tau2 tu tuyul dengan seenak udelnya ngomong, "Eh CINA yang ini harganya berapa yah? (sambil megang sebungkus chiki)" Gw yang denger, celingak celinguk dengan polosnya, nyari apakah ada orang lain yang dimaksud tuyul botak dekil itu. Ternyata ga ada siapa2 deket situ. Jadi yang dimaksud dia ternyata adalah gw. HOREEEE (bangga goblog gini). Kalo waktu itu si karena masih polos, dan ga ngerti maksud "CINA" itu, gw bacain deh sederet angka di label rak tu chiki. (Kalo sekarang sih, gw mikir, ya kasian lah tuh bocah, udah segede gitu ga sekolah, angka aja ga ngerti. Oke gw bacain : yang mana gw bakal bacain angka barcode yang panjangnya naujubilabinjalik, sehingga kalo2 dia ngerti, dia nyangkanya tu chiki harganya berjuta2)

Sekali lagi gw bener2 ga abis pikir sama makhluk2 kaya gitu. Meskipun si "CINA" itu juga ada yang salah, jahat, kejam, keji, tapi kan ga bisa digeneralisir kaya gitu. Bokap gw aja punya berapa karyawan yang aseli Indonesia a.k.a pribumi, dan mereka bisa kerjasama kok. Jadi, kenapa ga kita mulai, dari generasi sekarang (meskipun agak terlambat kalo emank 2012 mau kiamat) nyok kita coba hapuskan image CINA - PRIBUMI itu.

3 comments:

Vani Sagita said...

Iyah betul koo..
Gua juga gak demen tuh ma yang kaya begituan..
perasaan temen" gua juga semua biasa ajah..
Untungnya gua dapet temen" yang model gitu, bukan yang rasis..
Hohhohoo..

jane_aditha said...

hahahaha...bagus anak..kalau lain kali ada yg nanya2 bacain aja barcodenya... wkwkwk~

Unknown said...

Hai king mickey! Nama ku fransisca dan secara ga sengaja nyemplung ke blog ini ketika lg search suatu topik. And this post just feels so right. I don't like racism or any labeling too. If you don't mind boleh mampir ke blog g honeysugardream.wordpress.com (ini bukan promosi ya, cm mau berbagi what's in my mind) sbg sesama makhluk yg suka merangkai tulisan. Mgkin bs saling sharing atau brainstorming. God bless

Post a Comment