Thursday, October 15, 2009

If You Can Dream...

Hari Rabu kemaren pas pelajaran Management, ibu dosen gw minta kita nulis salah satu keputusan yang pernah diambil dalam hidup. Apa hubungan sama pelajaran Mene? Hubungannya adalah hari itu kita lagi belajar tentang tipe2 pengambilan keputusan oleh manajer gt deh.

Nah, gw nulis tentang keputusan gw masuk UMN. Pengen tau kisah dibaliknya?
Gini ceritanya : gw adalah salah seorang manusia yang telat mikir banget pas SMA. Bahkan, sampe SMA kelas 3 udah semseter 2, gw blom tau pasti mau masuk uni mana dan jurusan apa. Hingga suatu ketika muncul entah darimana pemikiran "gimana kalo gw ambil perhotelan yang belajar masak juga - Hospitality & Culinary". Akirnya keinginan ini gw utaran ke bonyok. Awalnya mereka pesimis, soalnya ini bener2 dadakan dan secara gw anak IPA. Dan kalo emank bener2 mau ambil jurusan ini, gw pengennya sih ke Swiss.

Setelah beberapa lama, akhirnya nyokap nanya lagi apakah gw bener2 mau ngambil itu jurusan. Kalo bener, mau dimasukin ke uni di Bandung. Lupa gw namanya (kalo ga salah NHI). Soalnya kalo di Indo itu yang lumayan bagus. Nah dari sini gw mikir lagi. mau engga mau engga mau engga.

Seiring dengan berjalan waktu, gw juga daftar di Uni Indo. Salah satunya uni A. Disitu gw daftar Biotech sama Akun. Biotech itu rekomendasi koko les gw, soalnya dia juga ambil itu di sana dan secara gw juga anak IPA. Sedangkan akun itu sebenernya cuma cadangan aja. Dan pas pengumuman gw keterimanya akun. Dahsyat! Ternyata usut punya usut, di uni itu kelas akun ada banyakkkk. Jadi kalo yang milih akun dan "lulus tes" mau itu pilihan 1/2 bakal dimasukin ke situ deh.

Pas itu gw juga bingung, mau ambil apa kaga. Sebenernya sih fine2 aja sama akun, soalnya pas kelas 1 SMA kan dapet juga dan nilai gw bisa lebih bagus di ntu mata pelajaran dibanding bio / fis. muahahahaha...

Nah, sepulang dari kampus A, nyokap nagajakin mampir ke UMN yang waktu itu masih terletak di Wisma BNI. Disitu gw daftar jurusan IT. Ga nyambung banget yah gw, pengen perhotelan, daftar biotech, akun, dan sekarang IT. #masa2penuhkebimbangan.

Pas waktu itu gw masih tetep bingung sama pilihan gw. Bener2 bingung mau milih apaan. Sampe akhirnya dari UMN ada pengumuman tentang jalur prestasi (awalnya ga ada beasiswa). gw daftar dan langsung keterima grade A tanpa tes (berdasarkan nilai rapot). Eh, beberapa hari kemudian, ada telpon lagi dari UMN, nanyain apakah gw punya prestasi apaan gt, soalnya bisa direkomendasiin buat dapet beasiswa. Untungnya SMA ku tercinta bikin sebentuk Appreciation Day tiap akhir semester 1, dimana murid2 yang nilainya bagus (ribet kalo jelasin spesifikasinya 1-1) dapet penghargaan, mulai dari Cum Laude, Magna Cum Laude, hingga Suma Cum Laude. Nah pas kelas XI (2 SMA) gw dapet yang Magna. pas kelas XII (3 SMA) dapet Cum Laude.

Dilandaskan pada penghargaan itu, diterimalah gw masuk kriteria beasiswa ntu (jadi poto model UMN pula loh di kompas... fotonya bisa dilihat di prim pic -> pojok kanan atas... lol)

Nah, udah kaya gini bikin gw tambah bingung. Kalo maksain ke Swiss kayanya ga mungkin. Secara gw ga ada persiapan sama sekali. TOEFL aja gw kaga ngambil, bahasa inggris juga blepetan, sodara atau temen juga kaga ada sama sekali di sono dan lagi biayanya juga kayanya bakal gede banget.

Akhirnya dengan pertimbangan masak2, gw milih masuk UMN, dengan harapan (1) bisa dapet ilmu lah di UMN, (2) duit beasiswa gw bisa ditabung buat nanti gw lanjutin ke Swiss -> masih tetep dengan cita2 yang sama, dan (3) nyiapin diri lah biar lebih siap kalo bener2 gw dikasih kesempatan menginjakan kaki ke Swiss.

Ya, kira2 begitulah sepenggal kisah idup gw... Pesen gw buat yang baca ni blog (1) jangan pernah berhenti bermimpi. Kalo kalian punya keinginan yang belom kesampean, jangan nyerah. Mungkin waktunya yang belom tepat aja. (2) kalo yang baca masih SMA, harap pikirkan masak2 cita2 kalian sebelom terlambat kaya gw. Mungkin aja kalo gw mutusin lebih awal, segalanya bisa dipersiapkan lebih baik. Tapi gw percaya kok, apapun yang terjadi, itu adalah jalan yang terbaik. Soalnya gw juga ga akan jadi gw yang sekarang kalo ga masuk UMN. So, makasih buat semuanya yang mengisi hari2 di kehidupan gw baik dulu, sekarang, maupun nanti. Love U Guys!!!

2 comments:

Erius said...

yg imba memang imba.. dpt cum laude.. makanya ga usah mikir, daftar segala macem jurusan pun gak masalah.. bisa semua.. uhuyy

King Mickey said...

itu hoki

Post a Comment