Wednesday, October 7, 2009

Surrogates


Tadinya gw mau bikin review ini kemaren, cuma gara2 udah cape plus ngantuk, jadinya baru sempet hari ini deh. Kali ini gw mau ngebahas soal film berjudul SURROGATES. pemaennya om Bruce Willis loh (penting ga sih?). Jadi ide dari film ini tuh tentang keberadaan "Robot Pengganti".

Karena gw ga mau jadi spoiler, jadi garis besarnya aja yang dibahas yah. Nah, robot pengganti itu, kerjaannya gantiin tugas dari manusia itu, dimana manusia2 yang ada cuma tiduran, trus pake alat apa gt, ntar bisa konek gt pikirannya ke robot penggantinya. Robotnya itu tuh bener2 persis kaya manusia, cuma bisa diatur mau mukanya kaya gimana, dlsb. Intinya tu robot adalah cerminan kesempurnaan wujud diri lo versi angan2. Ngerti ga? gini deh, kan ada tuh kalo cewe udah tua, jadi malu gt sama penampilannya, trus pengen keliatan awet muda. Nah, jadilah tu robot penggantinya diri dia versi umur 20an yang ga tua2.

Kalo diliat sepintas sih, emank keliatan bagus banget. Kita jadi PD sama penampilan, trus juga keahlian tu robot canggih abis (bisa loncat tinggi + jauh, lari cepet banget, dlsb), sama gampang aja mau ngapa2in juga, tingal mikir doank. Di ceritanya, ada sekelompok orang yang menolak memakai robot ini, jadi mereka tuh masih idup kaya manusia biasa seadanya. Pemimpin mereka dipanggil Nabi. Pokoknya mereka sangat amat menentang adanya tu robot deh, sampe2 kalo ada robot yang mask wilayah mereka, bakal diancurin.

Nah, si tokoh utama ini (Bruce Willis) ngejar seorang anggota "penolak robot" itu gara2 dia punya senjata yang kalo ditembakin ke robot pengganti, manusia yang gunain tu robot juga mati. Sampe akhirnya, dia masuk ke pemukiman itu dan diancurin (tapi orang aslinya ga mati). Mulai dari sini dia baru sadar kalo dia udah lama banget ga jadi dirinya sendiri dalam artian kalo kemana2 dan ngelakuin apa aja selalu pake robot penggantinya. Bahkan dia udah jarang banget ngobrol sama istri aslinya.

Usut punya usut, ternyata ada konspirasi di balik keberadaan robot pengganti tersebut, dimana ada seseorang yang mau ngancurin "ide" ini, termasuk ngebunuh semua orang yang make robot pengganti. Gimana akhir ceritanya, apakah semua orang mati, apakah robot2 itu rusak atau bahkan robot2 itu malah ngambil alih pikiran manusia? Jawabannya : Nonton aja sendiri... hahahahahaha

Ya kira2 begitulah inti ceritanya... menurut gw si tuh film lumayan bagus. Bagus banget sih engga, cuma moralnya dapet lah. Di jaman yang udah gila kaya sekarang tuh emank gampang banget mau ngubah fisik lo, asal punya duit tentunya. Kaya yang ditulis sama KD di bukunya tentang operasi plastik. Nah, di film ini lebih canggih lagi, kita ga perlu operasi macem2, tinggal bikin aja sendiri tampilan robot yang kita mau (kaya maen the sims aja kan tuh). Cuma akhirnya, kita jadi asyik sendiri sama dunia itu sampe2 lupa kalo manusia itu butuh yang namanya perhatian, sentuhan, dan banyak hal lainnya (yang meskipun kecil, tapi gede dampaknya). Robot pengganti itu malahan jadi tameng kita buat ngumpet dan berlindung dari realita dunia, dimana kita sama aja dengan tidak menghargai Tuhan, yang udah nyiptain kita berbeda-beda dan baik adanya (gila bahasa gw.... uhuy abis dah).

Kalo menurut kalian gimana? Mungkin 1-2 kali sih boleh juga ngerasain diri kita SEMPURNA menurut SUDUT PANDANG kita. Cuma kalo sampe ketergantungan, ngga deh kayanya. Hahahahaha.
Sekian dulu review film kali ini. Mungkin tiap selasa, gw akan ngupas sebuah film secara kasar sekasar sikat, soalnya hari selasa itu harinya nonton bareng. Kmrn ini nontonnya sama Meta, Malsi, Vina, Vani, plus Vebbi. Kalo ada yang mau ikutan boleh lo. Tiap selasa sore jem setengah 5an. ^o^

0 comments:

Post a Comment